Katana Hiragana Kanji
System penulisan Bahasa Jepang dibagi menjadi tiga. Yaitu Kanji ( かんじ ), Katana ( かたな ), dan Hiragana ( ひらがな ). 
1. Kanji
Tulisan Jepang modern mengandung sekitar seribu karakter Cina, atau kanji, untuk menulis kata-kata (baik adopsi dari Cina maupun Jepang asli). Sering kali, nama Jepang (pribadi, geografis, dll) ditulis sepenuhnya dalam kanji. Misalnya, Tokyo selalu ditulis tokyo, bukan tokyo. Juga, beberapa kata (Jepang dan adopsi Cina) akan ditulis sebagai kanji juga.
Dalam contoh berikut, "gakusei" adalah kanji, sementara yang lainnya adalah hiragana. Kanji juga menunjukkan bahwa partikel / wa / ditulis dengan syllabogram / ha /. Hal ini karena alasan sejarah dan salah satu bentuk tidak teratur beberapa dalam sistem penulisan.
watashi wa gakusei desu

2. Hiragana
Saat ini, hiragana digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang. Berasal dari karya sastra yang awalnya mengunakan karakter Cina. Sistem ini disebut manyogana, dari karya anthological "Manyoshu". Akhirnya tanda-tanda berkurang dalam jumlah dan disederhanakan menjadi sogana, dan akhirnya ke hiragana.
Pada awalnya, hiragana dicemooh oleh orang-Cina. Wanita, di sisi lain, menggunakan hiragana terutama karena mereka tidak diizinkan untuk mempelajari karakter Cina. Hal ini memuncak dalam Tale of Genji, novel pertama di dunia ditulis oleh Lady Murasaki Shikibu pada era Heian (795-1192). Namun, ini segregasi berbasis gender keaksaraan akhirnya dibubarkan dan hiragana diterima menjadi naskah sastra.
Berikut ini adalah suku kata hiragana:
daftar-suku-kata-hiragana

3. Katana
Suku kata kedua Jepang disebut katakana, yang merupakan bantuan pengucapan untuk Cina pada kitab Buddha. Seiring berjalannya waktu, katana digunakan untuk menulis akhiran gramatikal , partikel dan posisi , sedangkan kanji tetap dalam bentuk asli , atau akar , kata. Saat ini , katakana digunakan untuk menulisakan kata-kata yang merupakan adopsi non-Cina, misalnya saja dari Bahasa Inggris, seperti 
penggunaan katana

Berikut suku kata Katana.
daftar suku kata katana

Bagi kalian yang mau mendalami lagi bahasa jepang, bisa belajar di NHK. Disana kalian akan dibimbing belajar bahasa jepang dengan media Audio dan juga PDF file. Langsung saja ke http://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/ .

Semoga bermanfaat buat temen-temen.
Salam Otaku ^_^.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -