beras-jepang-gohan-white-rice

Yosh, kita mulai post kita mengenai Japan Food. Dan buat sobat-sobat yang mengharapakan mimin share cara membuatnya, sebaiknya hilangkan harapan tersebut ^_^. Disini mimin cumin mau bahas info-info dasar mengenai makanan jepang, mungkin sebagian bahan dasarnya akan mimin share juga, hehehe. Oke langsung aja kita mulai.
salah satu sawah (paddy field) di Osaka-Jepang
Bahan yang paling penting untuk masakan jepang adalah Beras, yang disering disebut oleh orang jepang “uruchimai” (粳米) dan kalo udah jadi nasi disebut “Gohan” (ご飯). Beras merupakan bahan dasar yang paling banyak digunakan untuk membuat masakan-masakan jepang. Dan ada juga masakan jepang yang hanya disajikan berupa nasi diatas mangkok kecil saja, emang enak apa ???. kalo pengen tau silahkan dicoba (mimin sendiri belom nyoba ~_~).
brown-grain rice yang sudah dikemas [Amazon]
Beras jepang berbeda dengan beras yang kita konsumsi biasanya (beras Indo maksudnya). Dari ukuran dan bentuknya. Beras ada dua jenis (yang mimin ketahui dari referensi), yaitu beras pendek (short-grain) dan beras panjang (long-grain). Untuk beras yang pendek, biasanya dimasak lunak dan agak berair, sedangkan beras yang panjang dimasak dengan agak kering. Dan untuk orang jepang, yang paling banyak dikonsumsi adalah beras yang pendek.
beras-jepang-beras-pendek
kiri (short-grain) kanan (long-grain)
Untuk beras pendek (beras jepang) sendiri, ada beberapa jenis, White rice (白米 = Hakumai) (yang paling sering digunakan), Brown Rice (玄米 = genmai), Multigrain Rice, Glotinous Rice (もち米 = mochigome). 
White-Grain Rice                                    Brown-Grain Rice

Multi-Grain Rice                                       Glotinous-Grain Rice

Yosh, itu dulu aja ya mengenai Beras Jepang, yang pengen lebih jelas keterangannya silahkan baca website referensi saya (ENG).
source
web-japan.org | www.japan-guide.com | en.wikipedia.org | japancentre.com | justhungry.com | www.osaka-info.jp

Nah, yang pengen belajar caranya masak Nasi Jepang bisa check website berikut [ENG]

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -