Clannad-first-and-after-story-review

Mumpung saya masih hangat sama Clannad, bikin review dikit deh, ehhehe. Udah pada tau anime “Clannad”, yang udah tau boleh baca, yang belom tau silahkan baca, dan wajib dicoba animenya (^_^).
     Clannad, berceritakan tentang seorang laki-laki yang keluarganya kacau balau. Ibunya dia tinggal bersama ayahnya disebuah rumah sederhana. Kehidupan antara anak dan ayahnya sama sekali tidak akur, hal ini dikarenakan sang ayah yang akhir-akhir ini sering minum alkohol. Laki-laki itu bernama “Okazaki Tomoyo” yang bersekolah di salah satu SMA. Suatu hari, ketika ia berangkat kesekolah, dia bertemu dengan seorang perempuan yang berdiri di tengah-tengah bukit menuju sekolah, yang bernama “Nagisa Furuka”. Dia berada ditahun yang sama dengan okazaki, namun seharusnya saat ini dia sudah lulus. Dikarenakan penyakit misterius yang dideritanya, dimana pada saat musim dingin tiba, ia mengalami demam yang tak kunjung sembuh, bahkan sampai berbulan-bulan. Maka dari itu dia harus tinggal kelas karena jumlah kehadirannya di sekolah tidak cukup.
Clannad First Story

Setelah mereka berdua bertemu, kehidupan Okazaki pun berubah, begitu juga dengan Nagisa. Yang sebelumnya Okazaki adalah seorang pemalas, sekarang dia sudah melakukan hal yang cukup bermanfaat untuk mengisi waktu luangnya. Nagisa, yang sangat ingin bergabung dengan ektra drama, harus mengalami kekecewaan, karena ekstra drama saat itu sudah dibubarkan dikarenakan anggotanya yang tidak cukup. Karena tekad yang ia miliki, Nagisa ingin mendirikan ektra drama tersebut. Mulai dari sinilah, Nagisa mendapatkan banyak teman, begitu juga dengan Okazaki.
Waktu demi waktu berlalu, kejadian-kejadian luar biasa sering sekali terjadi. Mulai dari yang menyenangkan, hingga yang menyedihkan.
Untuk season pertama, “Clannad First Story”, saya pribadi kurang begitu tersentuh, ceritanya yang begitu lambat, cukup membuat saya malas untuk melanjutkannya. Namun dibagian ending, ceritanya cukup bagus, meskipun tidak bagus-bagus sekali (^_^).
clannad_after_story_cover

Dan untuk season yang kedua, “Clannad After Story”. Disini Okazaki dan Nagisa nantinya akan menikah (maaf spoiler). Okazaki yang setelah lulus bekerja dirumahnya Nagisa untuk menjaga, toko, sedangkan Nagisa yang terpaksa harus mengulangi 1 tahun lagi karena sakitnya. Setelah beberapa bulan, Okazaki berhenti bekerja di rumah Nagisa, dan pindah pekerjaan sebagai tukang service yang bekerja bersama dengan Yoshino (nggak usah dijelasin ya Yoshino, tonton sendiri aja).
Setelah lulus, Nagisa dan Okazaki memutuskan untuk menikah, meskipun baru saja lulus SMA. Setelah mereka menikah, hal-hal yang menyenangkan mulai terjadi, mereka berdua tampak menikmati hidup bersama. Namun disela-sela kehidupan mereka yang bahagia itu, selalu datang rintangan-rintangan, salah satunya yaitu ayah Okazaki yang tertangkap polisi. Hal ini benar-benar membuat Okazaki putus asa, namun karena Nagisa ada disampingnya ia bisa menahan dirinya.
nagisa_bakerry_shop_all_character_clannad

Nah sampe situ aja reviewnya ya. Dan pendapat saya, untuk “Clannad After Story”, kasih A+ (^_^). Bagian awal-awal ceritanya tidak terlalu membosankan seperti yang season pertama, hal-hal kocak dan mengharukan cukup membuat saya terbawa suasana. Dan untuk episode yang benar-benar membuat saya ikut-ikutan nangis (~_~), (^_^) yaitu episode ke-18. Dimana xxxx [no spoiler, hehehe]. Mulai dari episode itulah saya benar-benar tertusuk (kebawa cerita manksudnya). Dan jujur saja, sekitar ¾ ceritanya, saya hampir putus asa, dan males mau nonton, karena menurut saya penderitaan yang dialami Okazaki terlalu dalam. Namu setelah sampai di endingnya, suuggoooiii...... (^_^). Bener-bener gila, tak ku sangka bakalan seperti itu, (spoiler dibawah, jangan dibuka kalo belom nonton).
nagisa_with_okazaki_tomoyo_ushio_clannad_after_story
Nagisa - Ushio - Tomoyo

Spoiler Clannad:
Nagisa setelah menikah dengan Okazaki, beberapa bulan kemudian ia mengandung. Pada saat mau melahirkan, penyakitnya kambuh, kebetulan saat itu adalah musim dingin, sehingga menyebabkan demam misteriusnya muncul. Dia harus berjuang untuk melahirnkan anaknya yang direncanakan bernama “Ushio Okazaki”. Namun, setelah anaknya lahir, Nagisa meninggal dunia. Hal ini membuat Okazaki benar-benar putus asa (begitu juga dengan saya (~_~), dan ia menitipkan Ushio pada orang tua Nagisa. Setelah 5 tahun berlalu, dimana 5 tahun  tersebut Okazaki menjalani hidupnya dengan berantakan. Sepertinya rasa sakitnya masih belum sembuh. namun, suatu hari ketika ia piknik bersama anaknya, Ushio, ia berubah. Ushio yang dikira Okazaki akan membencinya, ternyata malah sebaliknya, ia sangat sayang kepada ayahnya. Dan pada saat piknik tersebut, Okazaki mulai mengingat masa lalunya bersama sang ayah, yang ternyata beliau sangatlah menyayangi Okazaki. Mulai dari sini Okazaki dan Ushio hidup bersama. Bla...Blaa..Blaa...Bllaa..
clannad_girls_picture_on_first_story
Suatu hari, ketika musim dingin tiba, Ushio tiba-tiba jatuh sakit, dan ternyata ia mengalami penyakit yang sama dengan ibunya, Nagisa. Okazaki saat itu benar-benar tertekan. Dan suatu ketika, Ushio ingin pergi piknik lagi bersama ayahnya, namun Okazaki membujuknya agar setelah ia sembuh. Namun karena keinginannya yang kuat, Okazaki mengabulkan permintaan anaknya tersebut. Ketika mereka berdua berjalan bersama-sama, demam Ushio mulai kambuh lagi, dan tak lama kemudian ia terjatuh, lalu pingsan (entah pingsan atau apa saya juga belum tau jelas). Tekanan yang diterima Okazaki-pun sudah mulai memuncak, hingga ia putus asa. Namu ketika ia memeluk anaknya sambil menangis, kemudian membuka matanya, ia terkejut, ia kembali ke kejadian 5 tahun yang lalu, dimana Nagisa mau melahirkan. Apa yang terjadi selama 5 tahun tersebut bagaikan mimpi. Namun, ternyata bukan, pengalaman 5 tahun tanpa Nagisa itu benar-benar terjadi. Ia kembali ke 5 tahun yang lalu karena keinginannya yang dikabulkan oleh legenda cahaya di kota tersebut (menurut saya sih, tapi yang sebenarnya saya belum tahu juga).
Semenjak itulah kehidupan keluarga Okazaki yang sebenarnya dimulai. Okazaki bersama Nagisa dan juga Ushio. Kehidupan yang mereka inginkan, selalu bersama. So good ending.. (~_~).... terharu banget...
Yos itu aja, dah dulu deh. Capek juga ngetik, tapi nggak kerasa, wkwkk. Asik bisa share my point of view. Maaf kalo kepanjangan ya hehhe. Tambahan lagi deh, biar keliatan lengkap.
Story :
Suggoiii... keren ceritanya, slice of life nya terasa banget. Pesan dan kesannya tersampaikan dengan baik di ending. Tapi kalo nontonnya suka di skip-skip mungkin bakalan bingung. (^_^). Cerita bagian awal-awal menurut saya cukup membingungkan, karena saya nggak tau alurnya (^_^). Tapi setelah ending selesai, semua tercerna dengan baik, hehehe.
BGM, OP, dan ED :
Openingnya saya suka. Dan menurut saya passlah dengan animenya, soalnya agak melow-melow dikit. Endingnya juga lumayanlah. Dan yang paling saya suka (mungkin benci juga ya), itu bagian BGMnya, yang adegan sad. Dengerinnya jadi terbawa suasana, ikut-ikutan (~_~) deh. Dan BGM yang bagian kocak juga pass.
Character :
Untuk character menurut saya diatas biasa, dibawah bagus (o_O), tapi lebih mengarah ke bagus kayaknya, hehehe.

Dah deh, itu aja review “Clannad”nya. Maaf kalo kepanjangan dan tulisannya kurang jelas, lagi semangat ini, hehehe. Mau nonton anime heal dulu. (Clannad emang bikin galau, tapi bikin semangat juga (^_^)). Jaa nee. Waiting next review ya.

{ 54 comments... read them below or Comment }

  1. Huuu,,,min jangan kasih spoiler disitu,, merusak kejutan aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, jangan diclick kalo gitu tombol spoilernya :v...

      Delete
  2. Min jelasin min wkwk, itu yang episode si nagisa meninggal karena ngelahirin oshio jadi kaya cuma mimpi gitu ya? Apa gimana? Masih bingung nih ama episode itu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya ada di episode 25 "RECALL"

      Delete
    2. tomoya kembali ke ingatan 5 tahun sebelumnya karena keinginannya dikabulkan dengan legenda cahaya kebahagian yang dikotanya, jadinya dia bisa kembali ke ingatan sebelumnya, kisah sebelumnya itu benar2 terjadi tapi tomoya kembali karena legenda cahaya kebahagian

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Baru nnton smpe eps 13 nih ... knp di eps 11-13 dan sy brfkir akan trjdi sesuatu yg bkin kokoro hiks hikssss ... ahhh jgn dlu klik spoiler ...

    ReplyDelete
  5. ane nangis tersedu-sedu min :'v

    ReplyDelete
  6. malem malen norton season 2 nangis gara gara clannad. best anime yang pernah gue tonton

    ReplyDelete
  7. Min masih bingung sama yang ada robot dan cewe di dunia yang telah berakhir itu. Itu tuh maksudnya apa yah min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih inget.. Teman masa kecil nya okazaki .. Saat okazaki tersesat... Lha anak cewe itu ortu nya lg meneliti ada dunia /dimensi yang tak terlihat.. Contoh nya pas.. Fu -can yang hanya bs di lihat okazaki&nagisa di season 1.. Moga membantu..

      Delete
    2. ingatan cerita itu hanya dimiliki tomoya dan nagisa, kenapa? karena cerita itu adalah bagian dunia lain dari tomoya dan nagisa. robot itu adalah tomoya dan gadis kecil itu adalah nagisa. tapi juga ada banyak yang mengatakan kalo gadis kecil itu adalah anak mereka

      Delete
  8. Hmm iya itu robot, alien atau apa ya?

    ReplyDelete
  9. Saya lebih sukanya kalok dia enggak nikah biar bisa liat tingkah kyo sama si cwek petarung itu :v

    ReplyDelete
  10. Entah kenapa ane lebih suka Tomoya x Tomoyo .. wwkwk ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju. pas season 1 diepisode 21 yang tomoyo ngomong sama nagisa diruang teater kata" tomoyo bikin nyesek :'(

      Delete
  11. ntah kenapa gw bingung cerita episode terakhir yg bener yg mana yg hidup nagisa sama anaknya atau yg mati si nagisa sama anaknya jujur gw bingung kali yg mana harus dipercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di episode 25 "RECALL" gan jawabannya

      Delete
  12. Wtf -_- Ternyata kita cuman dipermainkan oleh si pengarang -,- Udah sedih2 kembali ke masa lalu

    ReplyDelete
  13. Bbyak anime yg bgitu bagus termasuk anime Clannad :-)

    ReplyDelete
  14. Udah punya yg first sm after tp belum ditonton. Habis baru liat eps 1 udah boring min alurnya lambat :( tp baca ginian jd berubah pikirn. Besok noton ah hahahaa

    ReplyDelete
  15. Gak rugi nonton clannad season 1 & 2 .. Gue sadar gak selamanya preman itu gak cengeng hehhe

    ReplyDelete
  16. Ditonton aja , yah meski endingnya agak membingungkan tapi scra keseluruhan animenya bagus kok .. ada saat dimana animenya itu ngakak ,ada saat dimana animenya itu menyentuh ,ada saat dimana animenya itu sedih (sekali ) ,dan ada saat dimana animenya itu memberikan amanat yg sangat bagus

    ReplyDelete
  17. Masih ragu gue sama endingnya min dia beneran terkabul doanya atau cuma mbayangin kalo nagisa hidup lagi dan bisa nglewatin semuanya trus kembali ke awal soalnya trahir nya kembali ke scene snow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berhubungan sama Arc Miyazawa Yukine (Tentang ribut ribut antar Geng), sama episode 19 (Bapak Tomoya), dan 22 (scene anak kecil sama robot).
      Aku mau ngomong disini gak enak. Takut spoiler T_T

      Delete
  18. Min .ane nangis pas okazaki ngejelasin nagisa di rel kreta api. njer nagis tersedu .anime paling mantap

    ReplyDelete
  19. Nntn episode 18nya bikin putus asa neh, gak tega nntnya :'(

    ReplyDelete
  20. Owalah jadi itu bisa balik ke masa lampau gara gara lampu itu toh, gua masih bingung aja. Ini gimana kok bisa balik ke masa lampau. Gua pikir tomoya berpikiran yg enggak enggak :v

    ReplyDelete
  21. Akhirnya kelar nonton ini anime Clannad & Clannad after story.
    mmm..

    ReplyDelete
  22. Min masih ga ngarti sama alur ceritanya wkwk

    ReplyDelete
  23. kira2 masih ada yang nonton/nyimpan? aku sndiri msh nyimpan dan udah nonton ke 6x(s1 - s2) tetap bikin kantong mata bengkak....

    seandanya ada act Ushio yg menceritakan dunia di demensi lain... walau anime nya sudah lama 2008 s1 - 2009 s2 .... tp sampai skrng belum ada anime yg ngalahin Sad Drama nya,,, OLD but GOLD , OLD still WORTH...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane lebih dari 6x ngulangin nya bro wkwkwkwk

      Delete
    2. Yang OVA,udah belum. Kisah kyou Ama okazaki

      Delete
  24. Animenya bagus bnget, aku sampai terbawah suasana sampai jadi nangis melihat kehidupan okasaki yg kacau..~_~

    ReplyDelete
  25. Ceritanya tadi mau nyari review biar mantep mau donlot animenya. tapi gegara penasaran banget pengen ngerti endingnya sebagus apa, malah akhirnya tergoda nge klik tombol buka spoiler :v
    dan alhasil, gajadi donlot ajaahh, udah tau ceritanya :v :v :v

    ReplyDelete
  26. Sampe kebawa alur cerita, sedih banget anime nya,

    ReplyDelete
  27. Min mau nanya, jadi akhir yg sebenernya itu yg happy ending kah? (nagisa dan oshio masih hidup?). Yg nagisa sama ushio meninggal itu (bisa disebut) cuman mimpi? Ato sebenernya udh terjadi dan balik lagi ke nagisa lahiran?
    Sorry blum paham hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa ampun dah.. Sm2 bngung.. Bru nton soalx rating tgi bgt.. Kt gw sih gr2 kota yg chyanya bs mgabulkan keinginan sesorg gan.. xD

      Delete
  28. Min makasih spoilernya klo gk ane mungkin bakalan mati penasaran :v

    ReplyDelete
  29. Menurut saya kenapa okazaki bisa kembali kembali ke masa ushio di lahirkan.karena saat ayahnya okazaki pulang,ushio melihat cahaya yang masuk ketubuh okazaki,Mungkin cahaya tersebut bisa membaca Hati okazaki karena Nagisa telah berjanji Untuk bermain bersama ushio
    Mungkin itu yang bisa saya simpulkan
    Maaf kalau kurang jelas :v

    ReplyDelete
  30. Haduh min kok bingung ya padahal udah nonton semua episode nya tp masih bingung pas episod 23 season 1 pusing dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cuman nonton season 1 aja gak kuat soalnya hehe soalnya saya orangnya baperan heheh

      Delete
  31. Emang ada min eps 25 ? Kalo ada bagi link nya

    ReplyDelete
  32. Best anime banget sama background soundnya cocok pas lg scene yg sedih, apalagi pas okazaki ceritain nagisa ke ushio dan juga nyentuh..

    ReplyDelete
  33. Aku cuman bingung sama season 1,yang episode 23 ceritanya bersama nagisa furukawa tapi saat episode 24 ceritanya bersama tomoya sakagami,mohon di jelaskan ^_^

    ReplyDelete
  34. mrnding baca spoilernya dikit , biar semanat nontonya ,soalnya clanand ni awal"nya ngebosenin

    ReplyDelete
  35. Endingnya merurut pandangan saya adalah "Bahagia"

    ReplyDelete
  36. Min sebenernya cewek sama robot itu siapa ya?? Penasaran bnget

    ReplyDelete

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -