japan-kare
Japanese curry (カレー, karē) atau Karē Jepang adalah makanan yang sangat popular di jepang. Pada umumnya karē disajikan dalam beberapa bentuk, yaitu curry rice (カレーライス karē raisu), karē udon (mi tebal) dan karē-pan. Yang paling sering dibuat adalah curry rice, yang mungkin lebih dikenal dengan ‘karē’ (カレー karē) saja.
golden-curry-bumbu-kare-jepang
(Golden Curry-Bumbu kare instan)
Dalam karē, bisa dimasukkan beberapa macam sayur-sayuran dan daging ayam, sapi ataupun yang lainnya, semua tergantung selera. Sayur-sayuran yang sering digunakan antara lain bawang, kentang, dan kentang. Untuk saat ini, karē sudah cukup beragam, dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, misalnya ditambah sosis, telur, dan sebagainya.
kokumaro-bumbu-kare-jepang
(KoKuMaRo-Bumbu kare instan)
Untuk membuat saus karē-nya, biasanya dibuat dengan bubuk karē atau roux yang merupakan campuran dari berbagai macam bahan-bahan. Ciri khas karē jepang adalah teksturnya yang agak kasar (tidak lembut), dan rasanya yang manis, tapi tidak terlalu pedas. (saya sendiri belom nyobain, mungkin hamper sama dengan sambel sate ya, wkwk). Dan biasanya karē disajikan bersamaan dengan fukujinzuke (semacam acar), rakkyō (sejenis bawang) dan benishōga (sejenis jahe).
japan-curry-rice
Berikut beberapa variasi karē
katsu karē (カツカレー): karē yang disajikan dengan potongan daging babi yang dilapisi tepung roti diatasnya.
dorai karē (ドライカレー): nasi goreng karē, atau karē yang dimakan dalam keadaan kering.
maze karē (混ぜカレー): karē yang disajikan dengan nasi dan saus yang tercampur.
karē don (カレー丼): karē yang dibumbui mentsuyu atau hondashi, yang disajikan diatas mangkuk, agar lebih terkesan karē jepang.
aigake (合がけ): karē yang disajikan dengan saus karē dan saus kayashi (daging sapi dan bawang yang digoreng, yang dimasak dengan anggur merah).
yaki karē (焼きカレー): karē yang atasnya diberi telur mentah dan dipanggang dalam oven. Merupakan karē yang berasal dari Kitakyushu.
ishiyaki karē (石焼きカレー): karē yang disajikan dalam mangkuk batu yang panas.
sūpu karē (スープカレー): sup karē, atau karē yang diberi kaldu yang biasanya disajikan dengan kaki ayam, potongan sayur-sayuran berukuran besar. Karē jenis ini paling popular di Hokkaidō.
Kare paling cocok disajikan saat musim dingin, karena bisa menghangatkan tubuh. (sering ditayangin di anime-anime, hehehe).
Yop, itu dulu aja share info about karē kali ini, yang pengen coba bikin bisa ke recipes.eat-japan.com atau norecipes.com.

Source
picture

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -