Festival Budaya atau yang lebih dikenal dengan Bunkasai (文化祭) merupakan salah satu festival yang cukup terkenal. Bunkasai diadakan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Untuk waktu penyelenggaraan, umumnya disesuaikan dengan hari jadi sekolah yang bersangkutan. Bunkasai diadakan dengan tujuan agar para siswa dapat menampilkan kemampuan mereka dalam berkreatifitas. Dalam acara bunkasai, para siswa bebas menentukan apa yang akan mereka tampilkan atau jual, dan yang sering ada dalam bunkasai antara lain Rumah Hantu, Rumah Peramal, Cafe Maid, dan berbagai macam kegiatan lainnya.
Awalnya festival budaya, atau bunkasai ditujukan sebagai media pembelajaran, namun lama-kelamaan berubah menjadi tempat rekreasi. Meskipun begitu, tujuan utama tidak hilang begitu saja, karena para siswa mendapatkan pembelajaran ketika membuat suatu kegiatan bersama teman-teman sekelasnya.

Festival Budaya di Jepang (Bunkasai)

Festival Budaya memiliki nama yang berbeda dalam tingkatanya, berikut adalah perbedaan mulai dari sekolah dasar hingga universitas.

School English name Japanese name
Nursery school Daily life exhibition Seikatsu-Happyou-kai(生活発表会)
Kindergarten Daily life exhibition Seikatsu-Happyou-kai(生活発表会)
Elementary School Literary arts exhibition
Learning exhibition
Gakugei-kai(学芸会)
Gakushū-Happyou-kai(学習発表会)
Junior High School Cultural festival Bunka-sai(文化祭)
High School Cultural festival Bunka-sai(文化祭)
University University festival Daigaku-sai(大学祭)

Sebelumnya bunkasai tidak terlalu terkenal, terutama bagi orang yang ada diluar jepang, namun semenjak anime dan manga banyak yang memasukkan festival-festival, termasuk bunkasai, kegiatan ini sudah mulai dikenal oleh orang luar, dan bahkan ada sekolah diluar jepang yang mengadakan bunasai.

Festival di Unitomo

Dikarenakan informasi masih sangat terbatas, dan saya sendiri belum pernah ke festival budaya, jadi hanya ini yang bisa sampaikan berdasarkan pengalaman nonton anime :v. Tapi informasi mengenai bunkasai ini bukanlah sebuah karangan bebas.

Links:
jnhsbunkasai.org
*)we aren't claim picture in this post.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -