Hikikomori Bedroom

Hikikomori (ひきこもり), adalah istilah dijepang untuk orang, biasanya remaja hingga dewasa yang menghindari kehidupan sosial dan mengurung diri dikamar. Seseorang akan disebut hikikomori jika dia mengurung diri selama 6 bulan atau lebih. Hikikomori biasanya keluar rumah jika ada keperluan yang sangat penting saja, ataupun untuk membeli makanan di toko-toko terdekat, mereka biasanya juga tidak punya teman, jikapun punya hanya beberapa orang saja yang umumnya memiliki hobi yang sama. Berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang bekerja pagi hingga sore dan tidur dimalam hari, hikikomori melakukan yang sebaliknya, dan kadang mereka tidak tidur sampai beberapa hari.

Ada banyak penyebab seseorang menjadi Hikikomori, mulai dari rasa malu misalnya ketika menyatakan cinta keseseorang kemudian ditolak, dan tak ingin ditertawakan teman-temannya, bisa juga karena dibuly oleh teman-temannya, ada juga yang menjadi hikikomori karena kemauannya sendiri.

Hikikomori Table

Seorang psikiater (ahli kejiwaan), Tamaki Saitō telah melakukan penelitian yang menghasilkan beberapa kesimpulan, bahwa hikikomori
  • menghabiskan sepanjang waktunya, bahkan setiap hari di rumah
  • menghindari kehidupan sosial
  • mempunyai rutinitas yang berbada pada orang-orang umumnya (bekerja, sekolah, bersosialisasi dengan sesama, dsb. Kebanyakan dari mereka adalah *N.E.E.T)
  • menganggap keputusannya tersebut sebagai Egosyntonic (keadaan psikologi dimana mereka berperilaku, menilai, dan merasa bahwa keputusannya yang benar)
  • menjauh dari kehidupan sosial dan mengurung diri lebih dari 6 bulan
Hikikomori figma and nendoroid collection

Saat ini istilah hikikomori lebih merujuk ke seorang otaku dimana mereka sering menghabiskan waktunya dikamar dengan nontona anime, bermain visual novel/eroge, ataupun bermain game offline/online. Anime dan manga juga cukup banyak yang mengisi ceritanya dengan hikikomori, misalnya anime Mekaku City Actors yang populer pada spring 2014 dengan main character seorang hikikomori yang telah mengurung diri selama 2 tahun di ruangannya.
Kini hikikomori tidak hanya ditemukan di jepang saja, mereka bisa ditemukan dibeberapa negara seperti di eropa, amerika, dan juga beberapa di asia (yang sudah di ketahui). Rata-rata mereka berusia 20 hingga 40 tahun, diantara mereka yang paling dominan adalah laki-laki dengan prosentasei 70%-80% (menurut Tamaki Saito), sedangkan berdasarkan survey di internet yang dilakukan NHK didapatkan bahwa hikikomori laki-laki hanya sekitar 53%.

Hikikomori bedroom

*N.E.E.T, "Not in Education, Employment, or Training."
Links:
www.japantoday.com | tvtropes.org | www.tofugu.com | www.bbc.com
*)we doesn't claim any image on this post

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. oh jadi itu ya penjelesannya :) saya untung bukan hikikomori tapi saya seorang blogger wkwkwkwkw :D

    ReplyDelete

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -