QRIO, Robot Kecil yang Pandai Menari dai Sony

QRIO adalah robot hasil karya Sony yang dibuat pada tahun 2003. QRIO ("Quest for cuRIOsity", nama aslinya Sony Dream Robot atau SDR). Robot yang dibuat di jepang ini memiliki tinggi 0.6 meter dan berat 7.3 kg.. QRIO yang merupakan robot humanoid ini memiliki slogan "Makes life fun, makes you happy!", dan memang itulah yang dilakukan QRIO.

QRIO adalah robot yang pandai menari. Robot ini didevelop oleh Sony Intelligence Dynamics Laboratory namun masih berupa prototype. Setelah prototype QRIO berhasil dibuat, robot yang satu ini sering tampil di Museum of Science di Boston, MA pada 22 Januari 2006.

Pada generasi keempat prototype QRIO, robot ini menari dengan music "Hell Yes" karya Beck. Pada prototype yang ini, dibagian dahi belum ada kameranya, setelah itu baru ditambahkan, selain itu juga ada perbaikan pada tangan dan lengan agar dapat bergerak lebih bebas. Para programmer membutuhkan sekitar 3 minggu untuk membuat satu koreo grafi.


QRIO memiliki dapat mengenali suara dan wajah seseorang sehingga, dengan menggunakan kamera serta mic yang ada padanya, robot ini menyimpan informasi-informasi tersebut dalam memori, sehingga apabila bertemu lagi QRIO dapat mengingatnya. QRIO dapat berjalan dengan kecepatan 23 cm/s, dan ini tercatat dalam Guiness World Record (2005) sebagai robot bipedal pertama yang dapat berlari.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. jepang mang hebat dalam bidag robotik, secara desain juga sangat rapi

    ReplyDelete

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -