Kamisama no Inai Nichiyoubi

Ai adalah seorang gadis berumur 12 tahun yang bekerja sebagai penjaga makam. Sebelumnya ia hanyalah seorang gadis biasa yang hidup bersama ibunya, namun semenjak ibunya meninggal ia harus menggantikan peran ibunya menjadi seorang penjaga makam. Akan tetapi, ada keluarga yang berbaik hati untuk mengadopsi Ai.
Penjaga Makam” dalam kasus ini bukanlah orang biasa yang menggali kubur dan mengubur kembali, penjaga makam adalah seseorang yang diutus tuhan untuk menguburkan orang agar dapat tidur dengan tenang. Didunia tersebut, diceritakan bahwa “Surga” dan “Neraka” sudah penuh, dan tak sanggup lagi menampung manusia. Oleh karena itu, Tuhan membiarkan manusia yang ada dibumi tidak bisa mati meskipun jantung mereka berhenti, ataupun kehilangan bagian tubuh mereka (bisa disebut “zombie”). Hanya penjaga makamlah yang bisa membuat mereka beristirahat dengan tenang di kuburnya.
Ai tinggal disebuah desa dimana para penduduk disana sangat baik kepadanya, biasanya Ai diberi makanan oleh para petani ketika Ai pulang dari tempat pemakaman. Namun, suatu hari para penduduk tidak terlihat bahkan satupun tak ada. Ketika perjalanan menuju rumah, ia bertemu dengan seorang laki-laki yang tiba-tiba menodongkan pistol kepadanya. Ai hanya bisa diam saja, namun laki-laki itu menarik kembali senjatanya dan meminta maaf kepadanya. Ketika Ai bilang ia adalah penjaga makam, laki-laki tersebut mengajaknya ke desa, namun setelah melihat apa yang terjadi disana, Ai sangat shock dan terlihat begitu ketakutan. Orang-orang tergelatak dimana-mana dengan darah dan bagian tubuh yang menghilang begitu juga dengan kedua orang yang mengadopsinya. Akan tetapi disana masih ada satu orang yang hidup, ia adalah paman yang biasa memberinya makan, kali ini berbeda dari biasanya dan membuat Ai ketakutan. Yang membuat Ai ketakutan adalah wajah sang paman, dimana wajah bagian kanan sang paman tidak ada.
Pada saat yang sama, laki-laki yang bersamanya tadi menembak paman tersebut, hingga jatuh dan tak bisa bergerak lagi. Sampai disini Ai mengikuti laki-laki tersebut pergi, meskipun dengan rasa takut karena ia telah membunuh seluruh warga didesa tersebut.

Kamisama no Inai Nichiyoubi

Kamisama no Inai Nichiyoubi adalah sebuah anime yang diproduksi di studio Madhouse dan diproduseri olehYoji Kumazawa. Anime ini airing mulai 6 Juli 2013 dan selesai 21 September 2013 dalam 12 episode.
First impression yang tak terlalu menarik dan terkesan biasa-biasa saja. Menceritakan tentang perjalanan seorang penjaga makam, yang berbau mistery dan fantasi. Begitu juga dengan characternya yang masih anak-anak, akan terasa membosankan. But, ternyata saya salah besar. Hingga sampai episode ke-tiga saya bisa merasakan bagian dari storynya yang begitu terasa dan membuat saya jatuh kedalam alur ceritanya.
Dari beberapa masalah yang dihadapi Ai, hanya beberapa saja yang bisa saya tebak, dan hampir semua bagian ceritanya tidak sesuai dengan yang saya pikirkan, but nggak buruk juga. Meskipun tidak sesuai yang yang saya pikirkan, akhirnya tetap bisa memuaskan dengan cara yang berbeda. Dan hal lainnya yang membuat saya tertarik adalah “Unpredictable”-nya yang bisa membuat saya terkesan.

Hambart, Hampnie

Dibagian sound, saya rasa sudah sangat bagus. Bgm-nya yang terasa begitu sesuai dengan setiap scene memberikan point plus dalam penyampaian story, selain itu saya juga sampai terbawa suasana. Sad-scene, happy-scene, dan scene-scene lainnya benar-benar terasa. Dan tak hanya itu saja yang menarik, opening serta endingnya juga bagus, dan yang paling saya sukai ending songnya yang terasa begitu dalam, and so precious untuk dikoleksi. Opening diisi "Birth" by Eri Kitamura, sedangkan endingnya ada "Owaranai Melody o Utaidashimashita." (終わらないメロディーを歌いだしました。, "Begun to Sing an Endless Melody.") by Mikako Komatsu.

Kamisama no Inai Nichiyoubi

Untuk character, sudah bagus menurut saya, termasuk design dan kepribadian masing-masing character. Meskipun ada beberapa hal yang membuat saya kesal mengenai masalah kepribadian, but itu bagian dari story, dan kalau sudah sampai bagian akhir rasa kesal tersebut hilang begitu saja. Dan berikut beberapa karakter yang ada di Kamisama no Inai Nichiyoubi.

Ai
Ai (Toyosaki, Aki)

Scar
Scar (Noto, Mamiko)

Alice Color
Color Alice (Uchiyama, Kouki)

Hampnie Hambart
Hambart, Hampnie (Namikawa, Daisuke)

Ulla Eulesse Hecmatika
Hecmatika, Ulla Eulesse (Komatsu, Mikako)

Dee Ensy Stratmitos
Stratmitos, Dee Ensy (Kitamura, Eri)


Yos, itu saja review kali ini. Overall akan saya kasih score 9/10. Jujur saja, awalnya saya menyangka anime ini bakalan membosankan karena dari awal saya kurang tertarik pada covernya. But, it’s really cool anime. Silahkan dicoba, apalagi bagi yang suka mistery. Jaa.

O iya, yang mau download ending songnya download lewat link berikut, udah 320bit Full :v.

Owaranai Melody wo Utaidashimashita - Mikako Komatsu

(kalau mati bisa minta linknya lewat PM facebook aja :v)

Links:
AMV (AnimeMusicVideo)
Official Anime Site
MyAnimeList
Wikipedia

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -