Phantasy Star Online 2 (PSO2) adalah sebuah MMORPG yang menjadi game online yang memiliki pengguna terbanyak diantara game-game lainnya. Salah satu siswa di Saiga Academy, Itsuki Tachibana dipilih oleh ketua OSIS, Rina Izumi, untuk menggantikan wakil ketua yang pindah sekolah keluar negeri. Rina memilih Itsuka agar dia bermain game PSO2 dan memberikan laporan dari apa yang dia pikirkan mengenai game tersebut. Tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk membuktikan bahwa bermain game PSO2 tidak mengganggu kegiatan pembelajaran siswa academy tersebut. Alasan mengapa Rina memilik Itsuki ialah karena nilainya cukup bagus dan memiliki waktu luang karena tidak tergabung dalam ekstrakurikuler.
Dengan bergabungnya Itsuki sebagai wakil ketua osis, dia juga harus ikut membantu pekerjaan osis selain penelitian PSO2 tersebut. Pada awalnya anggota osis yang lain menentangnya bargabung dengan osis, namun karena dia mampu mengerjakan semuanya tepat waktu, mereka mulai mempercayainya.
Di sisi lain, di dalam game PSO2 dia bertemu dengan seseorang dengan In-game-name (IGN) 'SORO', seorang solo player dengan perawakan yang besar, armor berwarna putih bergaris merah dan sebuah mantel berwarna merah di pundaknya. Itsuki mulai menikmati game tersebut, laporan yang diberikan cukup memuaskan, namun lama-kelamaan dia terlalu terbawa dengan PSO2 yang mengakibatkan nilainya di academy tersebut menurun.

Beberapa saat setelah Itsuki memulai penelitiannya pada game PSO2, seorang siswi pindahan dari luar negeri datang ke academy tersebut. Dia adalah Aika Suzuki dengan rambut pirangnya membuat kelas dimana Itsuki dan Rina berada menyukainya. Tak disangka dia ternyata juga seorang player di PSO2 dan sepertinya Aika memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai game tersebut. Hal ini membuat Rina memutuskan untuk menggabungkan dia untuk melakukan penelitian mengenai game tersebut.

#Spoiler Alert
Pengetahuan, antusias dan keseriusannya pada game PSO2 membuat Itsuki penasaran dengan Aika yang kemudian mencoba membuntutinya. Tentu saja Aika tahu kalau dia sedang diikuti Itsuki dan membiarkan dia mengikutinya. Suatu hari Itsuki menemukan hal yang tak dapat dia percayai bahwa monster yang ada dalam game PSO2 (dikenal dengan Darker) muncul dari dalam gadget miliknya. Beruntung saat itu terjadi, seseorang dengan pakaian mirip character dalam PSO2 muncul dengan kemampuan bertarung sama persis di dalam game. Akan tetapi, disaat yang sama dua Darker muncul dan salah satunya menyerang Itsuki. Dengan penuh rasa takut dia hanya bisa memejamkan matanya dan berteriak sambil mengajukan tangannya kedepan. Tanpa dia sadari cahaya biru muncul dari telapak tangannya diikuti dengan munculnya sebuah pedang yang dia gunakan pada karakter miliknya didalam game PSO2. Itsuki mulai menyadari kemampuan tersebut dan membunuh darker yang ada dihadapannya.
Dunia game yang dikenal dengan PSO2 tersebut ternyata tidaklah sebuah game saja, yang mana benar-benar ada dan pada saaat yang sama para Darker mencoba untuk menjajah bumi dengan mulai bermunculannya darker ke dunia nyata.


Story (6/10)
Dari beberapa episode pertama, anime PSO2 The Animation ini cukup enjoyable dengan tema Sci-Fi yang masih bercampur dengan School. Sempat terpikir kalau anime ini akan berfokus pada kegiatan osis di Saiga Academy dengan berbagai macam kesibukan-kesibukan yang ada, namun setelah 3/4 dari seriesnya semua terbalik yang kesannya tergesa-gesa dimana cerita langsung mengarah kedalam game PSO2 itu sendiri.
Selain itu ada sedikit love story yang sangat ditunggu-tunggu hasilnya yang melibatkan Itsuki, Rina dan Aika. Dari episode ke episode dengan sedikit love story cukup bisa dinikmati dan tak terlalu berlebihan. Bisa dibilang pemanis yang nggak terlalu manis ^_^, sayangnya ending kurang memuaskan.

Artwork (8/10)
Pada design character (character design oleh Miyako Takasu), background maupun effect-effect yang ada tidaklah mengecewakan, Selain itu ada beberapa scene yang menggunakan 3DCG yang juga dibuat dengan baik termasuk animasi dan coloringnya.

Sound (8/10)
Self-opinion: Bagian sound sudah bagus. Untuk OSTnya, yang ending asik begitu juga dengan 3DCG dancenya.
Opening:  "Zessei Stargate" (絶世スターゲイト; Matchless Stargate) by Shouta Aoi
Ending: "Rare Drop KOI KOI" by Ayaka Suwa and M.A.O

Character (7/10)

Itsuki Tachibana

Main character dari PSO2 The Animation. Seorang siswa kelas 2 yang memiliki nilai cukup bagus, dan bisa melakukan berbagai hal cukup bagus pula seperti menggantikan anggota ekstrakurikuler yang tidak dapat bergabung. Dia sendiri tidak tergabung dengan ekstra apapun dan menjadi pengganti sudah menjadi kebiasaannya. Hal ini yang membuat dia terkenal diantara anggota-angota ektrakurikuler. Dalam game PSO2 dia menggunakan nama asli untuk menamai karakternya, orang pertama yang ditemuinya adalah SORO. Teman dekatnya adalah Kota, yang sebelumnya pernah mengajak Itsuki untuk mencoba PSO2 sebelum mendapat panggilan dari ketua osis.
Ada sedikit love story dengan Rina yang cukup ringan dan menurut saya terasa lebih bisa dinikmati dari pada yang berlebihkan :D.

Rina Izumi

Ketua OSIS Saiga Academy yang duduk di kelas 3. Izumi sangat dikagumi oleh para siswa di academy tersebut karena ke kawaii-annya ('kecantikannya' terasa terlalu indonesia :p), selain itu dia juga memiliki prestasi yang memuaskan baik dibidang akademik maupun olahraga.
Rina secara langsung memilih Itsuki untuk menggantikan wakil ketua yang pada waktu itu pindah keluar negeri. Pada awalnya dia memilih Itsuki karena memang dia cukup dapat dipercaya untuk tugas tersebut. Karena sering bersama tidak hanya dalam melakukan tugas osis tapi juga bermain didalam game PSO2, ketertarikannya pada Itsuki bertambah.
Didalam game karakter miliknya adalah SORO. Dia selama ini hanya bermain solo, karena kemampuannya berkomukasi kurang baik yang membuatnya khawatir untuk bersosialisasi meskipun itu didalam game.

Aika Suzuki

Siswa pindahan dari luar negeri karena pekerjaan orang tuanya. Bisa dibilang dia adalah siswa yang cerdas yang serius dalam mempelajari sesuatu terutama yang berhubungan dengan sejarah atau perang.
Setelah pindah ke Saiga Academy, dia bergabung menjadi penolong Itsuki dalam melakukan penelitian mengenai PSO2. Dia tertarik dengan Itsuki dan mengikutinya kemanapun dia pergi hingga masalah yang seharusnya ia tangani muncul.

Semua hal mengenai statusnya sebagai siswa hanyalah untuk menutupi bahwa dia adalah salah satu dari organisasi yang melawan Darker dalam game PSO2 (yang ternyata tidaklah sekedar game).


Kesimpulan: 
Cerita yang disajikan tidaklah begitu bagus dengan berbagai macam hal yang kesannya tergesa-gesa, kurangnya cerita ataupun mungkin karena durasinya yang hanya 12 epside dan tidak bisa memasukkan semuanya. Akan tetapi, cari saya pribadi, anime ini cukup enjoyable dengan Sci-Fi + School. Cerita sampingan seperti love ringan juga patut dijadikan nilai plus untuk MENUTUPI kekurangan yang ada.

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -