Itasha (痛車) adalah istilah bagi para penggemar tokoh fiksi atau sering disebut sebagai otaku yang mendekorasi kendaraan mereka khususnya mobil dengan tokoh dari anime, manga, vocaloid, maupun video game. Pada umumnya, tokoh tersebut memiliki penampilan yang "good-looking" atau "moe". Dekorasi tersebut biasanya berupa stiker atapun dicat langsung ke body mobilnya.
"Itasha" sendiri berasal dari dua kata, yaitu "itai (痛い)" yang berarti sakit, dan "sha (車)" yang berarti kendaraan. Nah, dari kedua kata tersebut bisa ditaksirkan sakit akibat mobil yang menghabiskan isi dompet, karena biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya tak sedikit. Selain itu, kata "itasha" juga bisa berasal dari bahasa jepangnya "mobil itali yaitu "Itaria-sha (イタリア車)", kemudian di adaptasikan ke Jepang menjadi Itasha (slang).

Itasha sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an, dimana dulu hanya berupa stiker dan plushie. Namun, Itasha baru populer semenjak abad ke-21 ketika otaku sudah mulai terkenal melalui internet. Berdasarkan laporan yang ada, perkumpulan itasha baru terlihat pada bulan agustus 2008 pada Comicket 68. Namun saat ini, itasha cukup mudah ditemukan dikota-kota besar seperti Akibahara (Tokyo), Nippponbashi (Osaka), dan Oosu (Nagoya). Tidak hanya disekitar jepang saja, itasha kini sudah menyebar luas keseluruh penjuru dunia begitu juga dengan di Indonesia.

Semakin berkembangnya budaya otaku, itasha juga ikut berkembang. Mulai dari penerapannya yang tidak hanya dibagian luar saja, kini itasha juga bisa diterapkan dibagian dalam kendaraan seperti tempat duduk, sistem audio, dan sebagainya, begitu juga dengan menempatkan berbagai macam barang-barang yang berhubungan dengan character favorite mereka yang bisa berupa figma, nendoroid, . Selain itu medianya juga semakin meluas ke berbagai macam kendaraan lainnya, bisa berupa sepeda motor (itansha - 痛単車), sepeda kayuh (itachari - (痛チャリ), bahkan pesawat terbang pun juga ada yang dihiasi itasha.



Akibat semakin meluas dan berkembangnya itasha ini, beberapa perusahaan mobil menggunakan tokoh anime, manga, ataupun vocaloid sebagai media promosi mereka. Salah satu dari mereka adalah Toyota yang menggunakan voicaloid Hatsune Miku.


Berikut beberapa Itasha, itansha dan itachari yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

MAZDA RX8 - Maki Nishikino

MAZDA RX8 - Maki Nishikino - Side

MITSUBISHI GALANT FORTIS - Haruna (Kancolle)

MITSUBISHI GALANT FORTIS - Haruna (Kancolle) - Side

NISSAN Fairlady Z Roadster - Love Live

Miki Hoshii

SUZUKI Kei - Lefa (SAO) - Side

SUZUKI Kei - Lefa (SAO) - Rear

Toyota 86 - Love Live - Front

Toyota 86 - Love Live

TOYOTA CROWN ATHLETE! - Vocaloid - Front

TOYOTA CROWN ATHLETE! - Vocaloid - Side

TOYOTA CROWN ATHLETE! - Vocaloid - Side

TOYOTA CROWN ATHLETE! - Vocaloid

TOYOTA PRIUS - Miku

APRILIA RS50 - Strike WItches

OPUS AMADEUS

Image source:
http://akihabaraudxparking.blogspot.jp/
http://www.dannychoo.com/en/post/26485/Mirai+Airlines.html/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -