nihongo, bahasa jepang, kanji
Bahasa Jepang (日本語 = Nihongo ), dituturkan lebih dari 126 juta orang di Jepang, dan tidak hanya di jepang tetapi juga di 26 negara lain termasuk Samoa Amerika, Argentina, Australia, Belize, Brasil, Kanada, Republik Dominika, Jerman, Guam, Meksiko, Mikronesia, Mongolia, Selandia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Palau, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, dan Taiwan.
Bahasa Jepang tidak memiliki hubungan dengan bahasa lain, meskipun mungkin jauh terkait dengan keluarga bahasa Altai, yang meliputi Korea, Mongolia dan bahasa Turki. Bahasa Jepang kebanyakan mengadopsi  Cina, pada kenyataannya mungkin 50 % dari kata-kata yang digunakan dalam Japanse berasal dari Cina.
Sejak pertengahan abad ke-18, Jepang telah mengadopsi sejumlah besar gairaigo ( kata asing ) terutama dari Inggris. Misalnya saja tēburu (table), bīru (beer), gurasu (glass), aisu (ice), takushī (taxi) and hoteru (hotel). Ada juga beberapa kata dari bahasa Portugis, Belanda dan Spanyol.
Salah satu ciri khas bahasa jepang adalah kecenderungan untuk menciptakan kata-kata baru dengan memperpendek dan / atau menggabungkan kata-kata bahasa Inggris. Contoh termasuk wāpuro (word processor), sarariman ("salary man" = karyawan perusahaan laki-laki), OL, diucapkan ōeru ("office lady" = karyawan perusahaan perempuan) and masukomi (mass communications).
Ciri lain yang menarik dari Bahasa Jepang adalah perbedaan antara pengucapan antara pria dengan wanita. Hal ini melibatkan kosakata, tata bahasa. Untuk perempuan cenderung berbicara sangat tinggi, suara melengking, setidaknya di depan umum, sedangkan pria lebih rendah, suara besar.
Contoh teks dalam bahasa Jepang
すべて の 人間 は, 生まれながら に し て 自由 で あり, かつ, 尊厳 と 権利 と について 平等 で ある. 人間 は, 理性 と 良心 と を 授け られ て おり, 互いに 同 胞 の 精神 を もっ て 行動 し なけれ ば なら ない.
Cara Baca (rōmaji)
Subete no ningen wa, umarenagara ni shite jiyū de ari, katsu, songen to kenri to ni tsuite byōdō de aru. Ningen wa, risei to ryōshin to o sazukerarete ori, tagai ni dōhō no seishinn o motte kōdō shinakereba naranai. 

Terjemahan
Semua manusia dilahirkan bebas dan sama dalam martabat dan hak. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan harus bersikap sama terhadap satu dengan yang lain dalam semangat persaudaraan.
(Pasal 1 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia).

Info tambahan.
system penulisan bahasa jepang dibagi menjadi 3.
1. Hiragana
2. Katana
3. Kanji ( Karakter Cina )
Untuk system penulisannya dibahas post berikutnya.
Gimana udah pada tau karakteristik bahasa jepang? Itu dulu aja ya. Untuk Macam-macam penulisan bahasa Jepang tunguin di next post.
Semoga bermanfaat.

source : www.omniglot.com | en.wikipedia.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -