Origami, Seni Melipat Kertas dari Jepang

Origami berasal dari dua kata, ori yang berarti "melipat", dan kami yang  berarti "kertas". Seperti yang sudah kita ketahui, origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari negara jepang. Origami sudah ada sejak abad ke-17, namun baru terkenal pada tahun 1900-an. Perlu saya tegaskan bahwa Origami adalah "seni melipat kertas" jadi disana tidak ada bagian memotong maupun menambahkan lem sebagai perekat (Kirigami).
Sekitar tahun 1900-an, Akira Yoshizawa, Kosho Uchiyama, dan beberapa orang lainnya mulai membuat karya origami karya mereka sendiri. Khususnya untuk Akira Yosizawa yang telah memberikan cukup banyak inovasi-inovasi dalam origami seperti wet-folding, yaitu seni origami dimana ketika melipat kertas beberapa bagian dilembabkan dengan sedikit air agak mudah untuk dibentuk, selain itu ada juga diagram sistem Yoshizawa–Randlett, yang digunakan untuk menjelaskan mengenai urut-urutan dalam pembuatan origami. Sekitar tahun 1980-an berbagai macam model origami yang lebih komplek mulai bermunculan, dan mulai saat itupun banyak bermunculan peminat origami dari berbagai macam kalangan.

diagram sistem Yoshizawa–Randlett

Kertas Origami
Sebenarnya untuk membuat origami, kertas jenis apa saja bisa digunakan asal bisa dilipat dan dibentuk. Namun ada juga kertas yang dibuat khusus untuk membuat origami, ukuran, warna dan bentuknya juga beragam, untuk yang biasa digunakan adalah kertas berbentuk persegi dengan ukuran 6x6 inci (15x5 cm). Untuk jenisnya, biasa yang 70-90 g/m2 (seperti kertas A4 untuk dokumen) ada juga yang 100  g/myang bisa digunakan untuk membuat origami dengan teknik wet-folding.

Origami Beginner Package
(Origami Beginner Package - buy at Amazon)

Alat untuk membuat origami
Dalam pembuatan origami, sebenarnya peralatan tidak terlalu dibutuhkan, namun dalam beberapa kasus seperti membuat origami ukuran yang kecil dibutuhkan alat yang namanya tweezers, atau mungkin lebih kita kenal sebagai penjepit.Peralatan lainnya ada bonefolder, yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam pelipatan kertas, selain itu ada juga paper clip, untuk menjepit kertas untuk mempermudah dalam pembentukan model origami.
bonefolder - origami
Bone Folder 

tweezers - origami
Tweezer

Macam-macam jenis Origami
Action Origami
Yaitu origami yang apabila sudah jadi bisa bergerak dengan bantuk tenaga kinetik, misalnya saja origami pesawat yang sudah cukup terkenal, kemudian ada kapal-kapalan dan juga kodok.

Origami Action - Katak Loncat
Action Origami - Katak
Modular Origami
Origami jenis ini dibuat dari beberapa origami yang bentuknya sama, kemudian dibagungkan menjadi satu kesatuan yang memiliki seni. Modular origami biasanya berbentuk 3 dimensi, dan sering dijadikan dekorasi pesta ataupun untuk dikoleksi.

Modular Origami

Wet-Folding Origami
Seperti yang sudah saya singgung tadi, wet-folding origami adalah teknik membuat origami dengan membasahi/melembabkan kertas agar mudah dibentuk. Biasanya kertas yang digunakan yang agak tebal, sehingga tidak mudah sobek.

Wet-Folding Origami
Wet-folding origami

Origami tessellations
Origami jenis ini adalah yang paling populer. Origami jenis ini dibuat dengan mengabungkan beberapa bentuk menjadi satu dan menghasilkan sebuah origami yang lebih komplek. Banyak orang menjadikan origami tessellations sebagai barang koleksi mereka.

Origami tessellations
tessellations origami

Itu saja informasi mengenai origami kali ini, dan berikut beberapa karya origami yang saya temukan di internet.

Beetle Origami

Bird Origami

Dragon Origami

Golden Eagle Origami

Swan - Origami

Suigintou - Rozen Maiden Origami

Wasp Origami

Links :

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -