Ikebana by Donna Canning

Ikebana, berasal dari kata Ikeru (生ける - hidup, karangan bunga) dan Hana (花 - bunga). Ikebana adalah seni merangkai bunga diatas wadah (bisa pot, mangkuk ataupun sejenisnya) yang lebih menonjolkan keindahan bunganya. Semua bagian tumbuhan bisa dibuat menjadi ikebana, mulai dari akar, batang, daun, bunga hingga buahnya.

Sebagian orang mungkin akan berfikir Ikebana sama seperti bonsai. Kalau dilihat dari bentuknya memang mirip seperti bonsai, tapi untuk ikebana waktu, cara dan material yang digunakan berbeda. Semua yang menyatu pada ikebana, termasuk material, wadah, komposisi, dan juga penempatan masing-masing memiliki keindahannya sendiri, dan ketika menjadi satu akan menjadi satu karangan Ikebana yang harmonis.

Dalam pembuatan Ikebana, ada beberapa peralatan dasar yang diperlukan, antara lain :
  • Hasami, yaitu semacam gunting yang ukurannya agak besar yang digunakan untuk memotong bagian tanaman yang akan dipakai untuk Ikebana.
  • Kenzan, biasa disebut pin holders, digunakan untuk memperbaiki bentuk material agak sesuai saat di letakkan di wadahnya.
  • Vase, sebelum memilih wadah, sebaiknya menentukan terlebih dahulu ikebana seperti apa yang akan dibuat. Untuk wadahnya sendiri bisa apa saja asalkan sesuai dengan Ikebananya, misal pot kecil dari kaca, pot bambu, keramik, dan sebagainya.
Hasami - IkebanaKenzan - Ikebana
Hasami                                                   Kenzan


Vase IkebanaVase Ikebana

Vase IkebanaVase Ikebana
berbagai bentuk vase

Ikebana Flower
bunga yang biasa dipakai dalam Ikebana

Hal yang tak kalah penting dalam pembuatan Ikebana asdalah aspek spiritual. Ketika membuat ikebana, pembuatnya akan berusaha tenang agar bisa merasakan keindahan alam, dan kemudian dituangkan kedalam bentuk ikebana. 
Tak mengherankan jika tidak sedikit orang-orang jepang yang menyukai Ikebana, alasan dasarnya adalah karena mereka sangat dekat dengan alam. Dinegara-negara lain, orang menghargai akan keindahan alam, tapi orang jepang lebih dari itu, mereka lebih menganggap alam sebagai kepercayaan (religi).

Berikut beberapa Ikebana yang saya dapatkan dari Junko.







Links :

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -