Setsubun - Asakusa, Sensoji

Setsubun adalah hari sebelum dimulainya musim semi di jepang. Setsubun yang berarti "pembagi musim" (Musim Dingin yang sebelumnya dengan Musim Semi). Kegiatan yang satu ini diadakan setiap tanggal 3 Februari yang merupakan bagian dari festival musim semi.(春祭 - haru matsuri). Ketika Setsubun tiba, orang-orang jepang biasanya mengadakan suatu ritual untuk mengusir roh-roh jahat, berharap kesialan menjauhi mereka dan keberuntungan datang untuk satu tahun kedepan. Ritual ini mereka sebut mamemaki (豆撒き)(artinya menebar kacang buncis). Awalnya setsubun berasal dari China dengan nama tsuina (追儺) dan berhasil ditularkan ke jepang pada abad ke-8.

Setsubun - Child wear oni mask

Setsubun Festival - Oni

Mamemaki

Mamemaki biasanya dilakukan oleh para laki-laki yang lahir pada tahun binatang (Zodiak China), atau mereka yang menjadi kapala keluarga. Mamemaki dilakukan dengan cara menebarkan kacang kedelai yang sudah di bakar/panggang ke luar pintu rumah dan juga keanggota keluarga yang mengenakan topeng *Oni, sambil mengatakan Oni wa soto! Fuku wa uchi! (鬼は外! 福は内!) yang artinya "Kesialan pergi, keberuntungan datang!" dan kemudian menutup pintu dengan keras. Kedelai tersebut dijadikan sebagai simbol dalam penyucian rumah dengan mengusir jauh-jauh iblis yang membawa kesialan.
Setelah selesai melakukan mamemaki, kebanyakkan orang jepang pergi mengunjungi kuil untuk sekedar berdoa.
(*Oni = cerita rakyat jepang yang artinya sama dengan setan, iblis, dan sebagainya wikipedia )

Pada kuil Budha serta Shinto juga terdapat perayaan Setsubun. Para pendeta serta orang-orang yang diundang akan melemparkan kedelai panggang/bakar (beberapa diantaranya di bungkus dengan aluminium foil warna perak dan emas), amplop kecil berisikan uang, permen dan berbagai macam hadiah lainnya. Pada kuil besar, selebriti dan pesumo juga akan diundang, dan event yang seperti ini disiarkan pada TV nasional (jepang). Contohnya kuil Sensō-ji di Asakusa, Tokyo. Setiap kali ada event yang digelar, salah satunya Setsubun, kuil ini didatangi sekitar 100.000 orang, ketika hadiah-hadiah disebarkan orang-orang menjadi rusuh dengan saling mendorong untuk mendapatkan hadiahnya.

Setsubun Festival - Hadiah

Setsubun Festival

Ehō-maki

ehō-maki(恵方巻)(gulungan menuju keberuntungan) merupakan sushi jenis makizushi yang tidak dipotong. Tradisi makanan ini berawal dari Osaka, namun ehō-maki sekarang bisa ditemui di toko-toko sekitar Kanto dan kini sudah menjadi bagian dari Festival Setsubun.

Ehō-maki

Setsubun Snack

{ 3 comments... read them below or Comment }

  1. haha mantap nih.. lagi suka sama apa2 yg berhubungan dengan jepang nih hhii
    masirul

    ReplyDelete
  2. Postingannya keren! Ijin tag buat referensi yua di https://raun2nomaden.wordpress.com/2017/01/28/setsubung/. Doumo..

    ReplyDelete

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -