Kanojo ga Flag wo Orareta

Souta Hatate adalah murid pindahan yang datang ke Hatagaya School. Sebelumnya Souta mengalami kejadian yang cukup tragis, ketika dalam perjalanan di laut. Premium Ambriel (プレミアム・アンブリアル) adalah nama kapal yang dinaiki oleh Souta. Kapal tersebut adalah salah satu kapal mewah yang diisi oleh para bangsawan. Ketika dalam perjalanan, entah dikarenakan mesin yang rusak atau gangguan dari luar, salah satu sisi kapal tiba-tiba meledak, dan mengakibatkan kobaran api yang cukup besar. Lama-kelamaan api tersebut menyebar keseluruh bagian kapal. Para penumpang berlarian keluar dari dalam kepal tersebut, begitu juga dengan Souta (next story are spoiler).
Seletah pindah ke Hatagaya School, Souta memulai kehidupan barunya sebagai seorang siswa biasa. Namun, sebenarnya ia memiliki kemampuan yang tidak biasa, yaitu melihat masa depan orang dengan sebuah bendara yang muncul diatas kepalanya sebagai tanda. Ada berbagai macam "Flag", seperti persahabatan,cinta, sampai kematian. Dengan kemampuannya, Souta bisa mematahkan "flag" tersebut dengan cara yang berbeda-beda tergantung masalah yang di alami orang tersebut. Nah, karena kemampuannya inilah Souta tidak ingin berteman dengan siapa saja, ia takut bila kemampuannya tersebut mencelakakan temannya.
Hari pertamanya sekolah di Hatagaya School, cukup banyak siswa dikelas yang ingin berteman dengannya, dan dengan mudahnya Souta mematahkan "flag" siswa yang ingin bersosialiasi dengannya. Namun, ada seorang siswa duduk didepan Souta yang tak muncul "flag" diatas kepalanya. Ia adalah Nanami Knight Bladefield. Nanami adalah seorang putri ke-13 dari Bladefield, namun karena dikerajaannya ia merasa tak diperhatikan, Nanami pindah ke Hatagaya School.
Tidak Hanya Nanami saja yang tak terlihat "flag"nya, ada beberapa siswa lainnya yang cukup menyulitkan Souta untuk mematahkan "flag"nya, dan akhirnya Souta menyerah pada siswa-siswa tersebut setelah itu mereka berteman.
Banyak hal yang terjadi diantara mereka, mulai dari memperbaki sebuah Asrama yang disebut Quest yang sudah tak layak dihuni, dan kemudian tinggal disana. Selain itu mereka juga sering pergi keluar rumah bersama, menikmati liburan musim panas hingga mengalami hal-hal yang tak mengenakkan, dan memaksa Souta untuk menghapus ingatan teman-temannya.

Kanojo ga Flag wo Oraretara

Kanojo ga Flag wa Oraretara atau If Her Flag Breaks adalah sebuah anime adaptasi yang dikerjakan oleh Hoods Entertainment dengan Ayumu Watabane sebagai sutradaranya. Anime ini airing pada 7 April 2014 hingga 30 Juni 2014 dengan 13 episode. Untuk OVA-nya yang hanya 1 episode akan airing pada tanggal 2 Desember 2014.
Sebelum nonton anime ini, awalnya saya sedikit ragu setelah melihat scorenya yang cukup minim di MAL, hanya 6.67 saja. Dari sinopsis yang ada dan juga covernya yang cukup menjanjikan saya pikir mungkin akan lebih dari itu. Selain itu ada tulisan "harem-comedy" dibagian genres-nya yang membuat saya jadi tertarik untuk nonton. Setelah masuk list dan animenya ternyata sudah berstatus Complete, saya sempatkan untuk nonton. First impression, cukup menarik ketika mendengar "flag" yang mengingatkan saya pada galge. Tak hanya itu saja, characternya cukup cukup menarik menurut saya terutama Nanami yang berbeda dari gadis lainnya, karena hanya dia yang tak terlalu menyukai Shouta.
Namun, sepertinya saya harus mengakui mengenai score-nya di MAL setelah nonton hingga selesai. Jujur saya, storynya menurut saya memang nggak nyambung banget, dan terasa dipaksakan (mungkin kehabisan ide kali). Dari episode pertama hingga pertengahan, yang paling saya rasakan dari anime ini hanyalah "Fun" tentunya dengan berbagai macam scene harem yang bisa kita nikmati. Dan tiba-tiba, berubah menjadi serius tanpa ada pengantar yang jelas. Sudah begitu, seriusnya juga tak masuk akal, yang awalnya terlihat seperti cerita pada tahun sekitar 2014 (teknologi dan budaya terasa seperti saat ini) berubah menjadi cerita dimana sebuah dunia yang dikendalikan oleh komputer dan tidak hanya satu saja, ada banyak dunia yang dihubungkan oleh jaringan.

Kanojo ga Flag wo Oraretara-FrontofQuest

Kita kesampingkan bagian story yang menurut saya kurang menarik. Kemudian untuk bagian soundnya. BGM sudah bagus, setiap scenenya terasa lebih enak untuk ditonton, apalagi saat comedy sama romance. Untuk pemilihan opening serta endingnya sesuai dengan anime ini. OPnya yang terdengan kawaii sudah cukup sebagai pengantar untuk berlanjut ke bagian story, begitu juga dengan endingnya. Openingnya sendiri diisi "Cupid Review (クピドゥレビュー) by Aoi Yūki sedangkan endingnya ada "Kanojo ga Flag o Tateru Wake" (彼女がフラグを立てる理由) by Yell. Tapi jujur, saya nggak terlalu suka, dan selalu saya skip :v. Mungkin karena tak sesuai dengan genre saya, but kalau kalian suka silahkan dikoleksi.

Kanojo ga Flag wo Oraretara-Shouta on Kick

Kanojo ga Flag wo Oraretara-Mei

Lanjut kebagian story. Dari semua aspek, bagian inilah yang terbaik untuk anime Ore ga Flag wo Orareta. Dengan design character yang kawaii bisa membuat para penonton cukup betah, apalagi yang suka "harem". Bahkan yang trap aja nggak kalah kawai dengan yang lainnya :v.
Namun, dari semua character yang ada, rasanya kepribadian mereka terlalu umum. Sudah terlalu sering saya nonton yang seperti itu. Yah mungkin kalau bumbu tsundere-nya ditambah bakalan lebih menarik lagi.
Then, hal menarik lainnya adalah bagian seiyuu. Entah kenapa anime yang hanya seperti ini bisa-bisanya ngangkat seiyuu Hanazawa Kana, Toyosaki Aki, sama Ai Kayano :v. Dijepang mungkin B-DVD nya laku banyak kali ya :v.
Dan untuk beberapa karakter yang ada di Ore ga Flag wo Orareta, berikut.

Nanami K Bladefield
Nanami K Bladefield (Kido, Ibuki)

Souta Hatate
Souta Hatate (Ohsaka, Ryota)

Akane Mahougasawa
Akane Mahougasawa (Kayano, Ai)

Kikuno Shoukanji
Kikuno Shoukanji (Asumi, Kana)

Rin Eiyuuzaki
Rin Eiyuuzaki (Hikasa, Yoko)

Ruri Ninjabayashi
Ruri Ninjabayashi (Suwa, Ayaka)

Mimori Seiteikouji
Mimori Seiteikouji (Tamura, Yukari)

Megumu Touzokuyama
Megumu Touzokuyama (Hanazawa, Kana)

Nggak bagus, tapi nggak jelek juga. Untuk score secara overral mungkin saya agak setuju dengan di MAL, tapi secara pribadi mungkin saya kasih 7/10. Anime yang cukup umum dan tak ada sesuatu yang spesial, namun kalau kalian ada waktu luang bisa di coba, siapa tau malah jadi favoritenya.

Links:

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013-2014 All About Japan - Modified by tdwg Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -